Kamis, 07 April 2011

Berinternet secara sehat (islami)

Berinternet secara sehat, aman, islami adalah menggunakan internet sebagaimana fungsinya. Internet digunakan sebagai media peningkatan kualitas ilmu, menambah jaringan, dan berbagai hal positif, bukan justru sebaliknya.
Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi dan informasi global. Bayangkan, sejuta manfaat bisa kita dapat hanya bermodalkan kemampuan dan kemauan menggunakan internet. Misalnya, berkorespondensi dengan rekan, relasi, sahabat dan handai tauladan kita diseluruh penjuru Indonesia bahkan dunia dengan mudah, murah dan cepat.
Kita juga bisa leluasa mendapatkan data dan informasi untuk membantu tugas sekolah/kampus atau pekerjaan, mendapatkan informasi/berita nasional maupun mancanegara, mencari pekerjaan ataupun beasiswa, mengumpulkan resep makan hingga kiat berumah tangga, memperluas jaringan pertemanan dan bisnis bahkan termasuk menggali ilmu tentang kesehatan dan agama sekalipun.
Tentu saja tidak seluruh isi di internet dapat bermanfaat, jika kita tak pandai-pandai menggunakannya, karena sifat internet yang cenderung bebas tanpa dikontrol atau dikuasai pihak manapun, maka ada saja materi atau isi yang bersifat negative di internet ataupun yang dikirim/terkirim melalui internet. Sebutlah semisal pornografi, perjudian, kekerasan (sadism) dan rasialisme. Belum lagi dengan aneka macam program jahat (virus, worm, Trojan horse, spyware) yang dapat mencuri bahkan merusak data di computer, serangan e-mail sampah (spam), penipuan, pelanggaran privasi hingga pelecehan seksual.Tetapi jangan khawatir, karena dengan pemahaman yang cukup tentang internet serta didukung kedewasaan kita dalam memilih maupun memilah hal yang baik dan buruk, maka kita akan memaksimalkan dampak positif internet serta sekaligus meminimalkan dampak negatifnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar